Trinity of Fantasy

EVERNA Exploring Worlds of Fantasy (English)
http://fireheart-vadis.blogspot.com/
Everna and FireHeart Saga Novels by Andry Chang, research notes and records about worlds of Fantasy/Epic Fiction in general

Fantasy Worlds Indonesia (Indonesian)
http://fantasindo.blogspot.com/
News and updates about Everna Saga - FireHeart Published Novels by Andry Chang in Indonesian Language
and reviews about Indonesian fantasy fiction writers, aspiring writers and creators in general

EVERNA Codex Evernium (English-Indonesian)
http://evernade.blogspot.com
EVERNA SAGA Wiki, Lore and Encyclopedia
Come forth, Paladins! Fulfill Your Destiny!

Explore Everna With Google

Google

MONSTROPEDIA Makhluk Kegelapan - Sumber PNFI 02




Jiang Shi
Undead, Kelas C, Kegelapan, Wushu
Jiang Shi biasanya dideskripsikan sebagai mayat hidup dengan pakaian pejabat pemerintah atau kekaisaran. Jiang Shi membunuh makhluk lain dengan menghisap ‘Qi’ (aura hidup) milik mereka. Mayat hidup ini bergerak dengan melompat-lompat dan tangannya terentang. Ada beberapa cara untuk menghindari dan mengalahkan Jiang Shi. Untuk menghindarinya, cukup tidak bernapas. Kalau mau menghentikan pergerakannya, bisa dengan menempelkan kertas kuning berisi mantra. Ketan putih mentah atau benda-benda suci berkekuatan magis (elemen cahaya) yang dilemparkan ke Jiang Shi diyakini dapat membakar makhluk itu.


Zombie, Versi Mayat Budak
Undead, Kelas C, Kegelapan, Ubanga
Menurut kepercayaan, zombie dibuat oleh dukun ilmu hitam, sehingga zombie berada di bawah kendali mutlak majikannya. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri melalui cara supranatural. Dahulu, zombie digunakan sebagai budak dukun.
Zombie versi mayat budak digambarkan sebagai sosok pendiam, dingin, dan tanpa ekspresi.

Vampir
Undead, Kelas B, Kegelapan, Aurelia atau Global
Seperti yang sudah diketahui, vampir adalah makhluk penghisap darah makhluk hidup lain. Mitos daratan Aurelia menggambarkan vampir memiliki tubuh membengkak dan berwarna merah-gelap. Walau sudah dikubur, mayat yang menjadi vampir tetap mengalami pertumbuhan gigi, kuku, dan rambut.
Dalam penyebarannya ke berbagai daerah, muncul kata ‘vampirik’ yang menjadi istilah makhluk-makhluk dengan ciri menghisap darah.
Negeri Val’shka memiliki kepercayaan bahwa vampir adalah manusia atau penyihir yang semasa hidupnya menentang agama. Untuk melindungi diri dari vampir, bisa menggunakan bawang putih, relik-relik suci, maupun air suci. Kepercayaan lain juga menyebutkan, biji sesawi dapat menjauhkan vampir kalau ditaburkan di atap rumah. Untuk membunuh vampir, tiap daerah memiliki cara tersendiri. Ada yang menggunakan tanaman Ash, tanaman Hawthorn, atau tumbuhan ek. Ada juga mitos bahwa vampir harus ditusuk di jantungnya, tapi ada juga yang menusuk mulutnya. Di Borgia, ada jenis vampir yang kepalanya malah perlu dipenggal dan dikuburkan terpisah dari tubuhnya. Di beberapa daerah memiliki istilah lain untuk vampir lokal, seperti Vrykolakas di Parthenia dan Strigoi di suatu daerah di Valanis.

 
Tokoloshe
Undead, Kelas C, Kegelapan, Ubanga
Tokoloshe adalah makhluk kecil tidak berakal budi yang dipercaya hidup di daratan Ubanga, terutama Ubanga Selatan. Makhluk ini diciptakan dari mayat-mayat oleh shamen atau dukun. Dukun biasanya membuat Tokoloshe sebagai kutukan untuk seseorang karena merasa tersinggung oleh orang tersebut. Hanya orang yang dikutuklah yang bisa melihat tokoloshe. Walaupun tokoloshe berukuran seperti anak kecil, makhluk ini mampu membuat kerusakan besar dengan mudah.

 
Jenglot
Undead, Kelas C, Kegelapan, Antapada
Jenglot memiliki ukuran yang kecil dan hanya keluar saat malam hari. Makhluk peminum darah ini diyakini memiliki kekuatan mistis dan mengundang bencana. Karena daya mistis yang dimiliki jenglot, orang-orang tertentu akan memeliharanya untuk tujuan tertentu juga. Sebuah kepercayaan mengatakan, jenglot pada ribuan tahun yang lalu adalah seorang petapa yang mempelajari ilmu keabadian. Dalam prosesnya, petapa menjadi emosional dan merasa sebagai yang terhebat. Tubuhnya menyusut hingga seukuran telapak tangan orang dewasa. Empat taring memanjang tidak sebanding dengan lebar mulutnya. Status jenglot juga diperdebatkan entah sebagai makhluk hidup atau benda mati (mayat hidup).

Update 19 November 2015 – Sumber:  Grup PNFI Facebook, Oktober 2015

Comments

Popular Posts